Minggu, 16 Desember 2012

Pekerjaan vs Uang

Ketika masih kuliah banyak orang berharap bahwa setelah selesai nanti mereka akan mendapatkan pekerjaan yang layak.

Pekerjaan yang layak tentu pekerjaan yang sesuai dengan keinginan atau cita - cita dan yang lebih penting memberikan imbalan atau gaji yang besar.

Jika Robert Kiyosaki memiliki quadrant "cashflow", Stephen R. Covey punya quadrant "waktu", maka Anda yang sudah bekerja juga harus punya quadrant sendiri.

Quadrant yang saya maksud adalah bagaimana Anda memandang dan memaknai pekerjaan Anda saat ini. Sebutlah itu sebagai quadrant hidup Anda.

Quadrant hidup Anda adalah kesadaran Anda akan apa yang selama ini Anda anggap sebagai pekerjaan atau mata pencaharian.

Dalam hal ini, inti dari quadrant hidup Anda adalah Pekerjaan vs Uang.

*** Surga, Neraka, Pekerja Sosial atau Pelacur?

Ada 4 golongan orang dilihat dari bagaimana ia memandang dan memaknai pekerjaannya.

Golongan pertama. Orang - orang yang menyukai pekerjaan mereka juga sekaligus menyukai uang atau penghasilannya. Mereka melakukan pekerjaannya dengan sangat baik, menikmati prosesnya serta menikmati hasilnya. Ibaratnya, golongan ini adalah golongan orang - orang yang berada di surga.

Golongan kedua. Orang - orang yang karena sesuatu dan lain hal, tidak hanya membenci pekerjaannya, tetapi mereka juga membenci uang atau penghasilannya. Alasannya bisa bermacam - macam, bisa karena pekerjaan yang tidak sesuai lagi dengan keinginan ditambah dengan penghasilan yang "dianggap" kurang. Ibaratnya golongan ini seperti orang yang berada di Neraka.

Golongan ketiga. Orang - orang yang menyukai pekerjaannya tapi tidak terlalu terobsesi dengan uang atau penghasilannya. Golongan ini adalah golongan orang - orang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi alias pekerja sosial.

Golongan keempat. Ini yang bahaya nih,
Golongan orang yang membenci pekerjaannya, tetapi menyukai uang atau penghasilannya. Golongan inilah yang berada dalam quadrant (maaf) pelacur. (Tentu bukan Anda orangnya).

***
Adalah hak Anda untuk menganggap tulisan ini sebagai hal yang serius atau hanya bergurau. Yang jelas... CINTAI dan SYUKURilah pekerjaan Anda saat ini. Kebahagian, kesuksesan dan pencapaian besar dalam karier akan dimulai ketika Anda melakukan pekerjaan dengan penuh rasa cinta.

Selamat berakhir pekan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar