Selasa, 18 Desember 2012

Alasan Konsumen Memilih Produk

Apakah saat ini produk Anda sudah terkenal? Apakah merek terkenal bisa menjadi jaminan dan alasan konsumen memilih produk?

Dari survey yang dilakukan oleh SurveyOne, ternyata kualitas produk adalah faktor yang paling dianggap penting oleh sebagian besar konsumen. Survey ini dilakukan di dua kota besar yakni Jakarta dan Surabaya.

Setelah kualitas, alasan kedua konsumen memilih produk atau merek adalah karena kebutuhan. Apa artinya? Ya, buatlah produk yang paling banyak dicari oleh konsumen. Saat ini, produk makanan dan fashion adalah produk yang tidak ada 'matinya'.

Hal penting lainnya adalah, buatlah produk Anda mudah didapatkan oleh konsumen. Dalam survey ini, sekitar 84,5 % responden berpendapat bahwa kemudahan dalam mendapatkan produk adalah alasan yang cukup penting. Ini berarti, sebagai pemilik produk harus memperhatikan jalur atau kekuatan distribusi dari produk. Punya produk yang berkualitas dan terkenal tapi sulit diperoleh konsumen sama saja dengan nol, tidak ada artinya.

Kabar menarik dari survey ini, ternyata merek luar negeri menjadi faktor yang paling tidak penting dibandingkan dengan lima faktor lain yang disurvey. Ini artinya, konsumen Indonesia sekarang tidak lagi terlalu asing minded.

***
So, produk lokal aseli Indonesia bisa laku dijual asal memiliki kualitas yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar