Selasa, 15 Februari 2011

Hilangkan Penundaan : Selalu Ada Hari Esok

Menunda adalah salah satu hal paling mudah untuk dilakukan dan juga merupakan hal paling sering kita lakukan. Hingga pada akhirnya sifat ini sangat sulit untuk dihilangkan, selalu saja ada alasan untuk menunda dan menunda suatu pekerjaan yang seharusnya sudah harus kita kerjakan.

Alasan dari penundaan untuk setiap orang bervariasi misalnya saja kita sering menunda karena kita merasa bahwa pekerjaan itu terlalu sulit dan berat untuk diakukan, penundaan juga terkadang karena kita merasa takut akan akibat dari apa yang akan kita lakukan.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk menyingkarkan kebiasaan menunda ini? Tentu kesadaran akan tidak bergunanya sifat ini serta seberapa besar hasrat dan keinginan kita akan pekerjaan yang akan dilakukan, sangat menentukan. Beberapa hal dapat kita lakukan adalah :

1. Lakukanlah
            Apapun pekerjaan yang akan kita lakukan, agar penundaan dapat kita minimalisir maka lakukan dan ambillah langkah awal. Biasanya penundaan itu muncul karena pikiran dan anggapan negatif yang telah lebih dahulu muncul, padahal sebenarnya ketika kita telah berani memulainya, ternyata pekerjaan itu tidak sesulit dan seberat yang kita pikirkan.

2. Urai pekerjaan besar menjadi pekerjaan - pekerjaan kecil
            Penundaan juga terkadang kita lakukan karena tidak berani melakukan pekerjaan yang nampaknya besar atau sulit untuk kita lakukan. Agar hal bisa di atasi, maka uraikanlah pekerjaan itu menjadi beberapa bagian hingga menjadi pekerjaan - pekerjaan kecil yang dapat kita kendalikan. Ketika Anda harus membersihkan sebuah ruangan yang berdebu dengan sampah dan tumpukan berbagai barang yang berserakan di mana - mana. Maka melihatnya saja tentu sudah menyiutkan semangat kita, tapi coba mulailah dengan membersihkan sampahnya terlebih dahulu, setelah itu baru menata barang yang tadi berserakan. Dengan ini maka tentunya pekerjaan itu akan terasa lebih ringan dan mudah untuk dilakukan.

3. Abaikan gangguan - gangguan yang ada
            Ketika menghadapi pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Tidak ada salahnya apabila Anda mengabaikan hal - hal kecil yang dapat mengganggu, panggilan telpon atau SMS biasanya dapat menyebabkan konsentrasi menjadi buyar, sehingga tanpa pikir panjang, pekerjaan yang tengah  dilakukan lansung Anda tinggalkan. Lagi  - lagi pekerjaan Anda yang jadi berantakan dan tertunda.

4. Fokus pada rencana
             Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah mulai dikerjakan. Karena jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup, sementara pekerjaan Anda belum selesai sehingga harus terhenti, biasanya untuk memulainya kembali agak susah. Satu hal lagi yang harus diperhatikan, melakukan pekerjaan dengan terburu - buru, bukan hanya bisa mengacaukan namun hal tersebut malah akan menyebabkan Anda stres. Istirahat untuk sesaat dan tetaplah fokus untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar