Senin, 07 Februari 2011

Jangan Menyerah

Dalam menjalani pekerjaan kita sehari - hari, terkadang capek, lelah datang menghantaui dengan begitu sangat. Dalam keadaan seperti kita kadangkala berpikir untuk berhenti dan meninggalkan pekerjaan itu. Perasaan ini akan semakin kuat seiring dengan semakin beratnya beban pekerjaan yang harus kita pikul. Bila kita berhenti dan meninggalkan pekerjaan tersebut, maka sebenarnya beban ini akan semakin terasa berat.
Belum lagi kita dihadapkan pada situasi di mana sangat sulit untuk mencari lapangan kerja pada saat seperti sekarang ini. Hal ini jugalah yang biasanya menjadi pertimbangan utama sehingga kita masih tetap bertahan dengan rutinitas pekerjaan kita.

Adalah hal yang wajar bila kita mengalami beban bathin dan tekanan dalam pekerjaan ataupun dalam bisnis yang kita kerjakan. Namun jangan sampai beban tersebut membuat kita jadi tidak bersemangat untuk kemudian mundur dari pekerjaan yang selama ini menjadi beban tumpuan kita.

Menghadapi hal tersebut, mungkin kita perlu meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat atau kalau perlu mengambil cuti untuk menikmati liburan bersama dengan orang - orang tercinta, agar beban yang kita rasakan tidak sampai ke tahap yang menghancurkan karier dan bisnis kita. Semua kita tentu pernah mengalami hal tersebut.

Tetap menjaga semangat yang tinggi dalam bekerja tentu adalah harapan bagi semua orang, karena hanya dengan memiliki semangat dan etos kerja yang tinggi kita dapat melalui berbagai macam tantangan, hambatan dan rintangan dalam pekerjaan maupun  bisnis kita. Pertanyaannya kemudian adalah, bagaimana caranya agar kita tetap memiliki semangat dan etos kerja yang tinggi?

Kita tentu harus memahami bahwa dorongan dan motivasi dalam bekerja adalah hal yang kita perlukan, motivasi ini tidak lain adalah apa sih sebenarnya tujuan kita dalam pekerjaan ini? adanya tujuan yang jelas dalam menjalankan pekerjaan, menuntun kita untuk tetap berada pada jalur yang benar sehingga SEMANGAT kerja yang tinggi tetap kita miliki. karena orang yang bekerja karena memiliki tujuan yang jelas tentu akan bekerja dengan sungguh - sungguh untuk mencapai tujuannyat. Tujuan setiap orang tentu berbeda, namun intinya tetap sama yaitu mencapai keberhasilan dan kesuksesan dalam pekerjaan maupun karier. Ada orang yang bekerja dengan sungguh - sungguh agar secepatnya naik pangkat dan memperoleh salary yang tinggi serta berbagai macam fasilitas dan tunjangan yang mewah, dll.

Orang yang bekerja karena memiliki tujuan jelas yang ingin di capai, tentu tidak akan mudah menyerah dan putus asa bila menghadapi tantangan dan hambatan, karena ia akan merasa malu bila tujuannya tidak tercapai.  Hal inilah yang menjadi pendorong dan peletuk bagi munculnya semangat dan etos kerja yang tinggi. Sebaliknya orang yang bekerja tapi tidak memiliki tujuan yang jelas, akan sangat mudah menyerah dan berputus asa bila ia mengalami dan menghadapi berbagai macam tantangan dan hambatan. Kenapa? karena ia merasa tidak memiliki tujuan dan harapan yang ingin dicapai.

Karena itu, apapun pekerjaan dan bisnis yang kita jalani, menetapkan tujuan dan arah yang ingin dicapai adalah hal yang mutlak. Tujuan yang jelas menuntun kita untuk terus bersemangat dan beretos kerja yang tinggi.
Salam Sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar