Jumat, 13 Januari 2012

Alhamdulillah It's Friday

 Yes! Jumat kembali tiba, berarti besok weekend lagi.

Begitulah kira - kira kalimat yang barusan saya dengar dari seorang teman kantor. Jumat memang hari yang selalu ditunggu - tunggu khususnya oleh para pegawai dan karyawan. Karena besoknya mereka bisa libur dan menikmati weekend bersama keluarga.

Hari Jumat memang terasa agak 'istimewa' dari hari - hari lainnya, dihampir semua kantor pemerintah dan bahkan swasta, hari Jumat biasanya ada kebiasaan olahraga pagi atau senam pagi, terus di hari Jumat juga ada istilah Jumat sehat, Jumat bersih, dan lain - lain aktivitas penunjang lainnya di Jumat pagi. Tentu ini suatu hal yang sangat positif dan perlu lebih ditingkatkan lagi. Kegiatan - kegiatan tersebut tujuannya tidak lain adalah meningkatkan kesehatan dan membudayakan hidup sehat.

Nah, bicara masalah kesehatan berarti tidak terlepas dari pola dan gaya hidup kita sendiri, bukan hanya masalah kebersihan tubuh, pakaian, makanan dan minuman, dll. Tetapi juga bagaimana kita melakukan dan menjalani itu semua dengan cara yang 'benar', dengan cara yang 'sehat'. Yang sering kita lalaikan adalah cara kita makan dan minum, karena ternyata ditinjau dari segi kesehatan, cara minum yang salah, yakni minum dengan berdiri memberikan danfak yang buruk bagi tubuh dan kesehatan pada umumnya. Dan minum berdiri ini yang sering kita lakukan sekarang, apa karena terburu - buru atau memang karena sudah menjadi kebiasaan sejak kecil.

Lalu apa danfak negatif dari kebiasaan minum berdiri? 
Secara medis, dalam tubuh kita terdapat penyaring Sfringer, saringan tersebut dapat terbuka ketika kita duduk dan tertutup ketika kita berdiri. Air yang kita minum belum tentu 100% bersih dan steril, bila kita minum sambil berdiri maka air tersebut tidak di saring oleh sfringer tadi karena tertutup. Air yang tidak tersaring oleh sfringer akan lansung masuk ke kantung kemih yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti kristal ginjal. Jadi minumlah sambil duduk!. Bukankah Rasulullah juga melarang kita untuk minum sambil berdiri, ternyata sebabnya adalah karena masalah kesehatan ini.

Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar